cover
Contact Name
Moch Cholid
Contact Email
moch.cholid@yahoo.co.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalnuansa@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. pamekasan,
Jawa timur
INDONESIA
NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Keagamaan Islam
ISSN : 19077211     EISSN : 24428078     DOI : -
Nuansa: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Keagamaan Islam (ISSN 1907-7211 and Online-ISSN 2442-8078) is published biannually by centre for research and community service (P3M), Pamekasan State of Islamic college. It is published on June and December. The journal put emphasis on aspects related to social and Islamic studies, with social reference to culture, politics, society, economics, education, history, and doctrines.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue " Vol 12, No 1 (2015)" : 9 Documents clear
TINGKAT KETERBACAAN READING MATERIALS DALAM MATA KULIAH TELAAH TEKS BAHASA INGGRIS STAIN PAMEKASAN Mulyadi, Mulyadi
NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Keagamaan Islam Vol 12, No 1 (2015)
Publisher : STAIN PAMEKASAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (425.073 KB) | DOI: 10.19105/nuansa.v12i1.700

Abstract

Sebagai sebuah lembaga pendidikan tinggi negeri, STAIN Pamekasan terus menerus mengembangkan kualitas akademiknya salah satunya adalah dengan cara memberikan mata kuliah yang bermanfaat memberikan keterampilan berbahasa kepada mahasiswanya. Salah satu mata ajar bahasa itu yaitu bahasa Inggris. Mata kuliah ini bersifat wajib tempuh bagi seluruh mahasiswa di lima program studi. Yang menjadi kajian lebih lanjut apakah  teks bahasa Inggris yang diberikan dalam mata kuliah itu sesuai dengan tingkat pehaman mahasiswanya, karena teks yang baik adalah teks yang sesuai dengan tingkat linguistik pembacanya.Dengan mengacu pada konteks penelitian diatas maka peneliti mengajukan fokus penelitian “bagaimana tingkat keterbacaan reading materials dalam mata kuliah telaah teks bahasa Inggris di STAIN pamekasan”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan tingkat keterbacaan reading materials mata kuliah telaah teks bahasa Inggris di STAIN Pamekasan.
TINGKAT KETERBACAAN READING MATERIALS DALAM MATA KULIAH TELAAH TEKS BAHASA INGGRIS STAIN PAMEKASAN Hadi, Saiful
NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Keagamaan Islam Vol 12, No 1 (2015)
Publisher : STAIN PAMEKASAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (294.686 KB) | DOI: 10.19105/nuansa.v12i1.699

Abstract

Sebagai sebuah lembaga pendidikan tinggi negeri, STAIN Pamekasan terus menerus mengembangkan kualitas akademiknya salah satunya adalah dengan cara memberikan mata kuliah yang bermanfaat memberikan keterampilan berbahasa kepada mahasiswanya. Salah satu mata ajar bahasa itu yaitu bahasa Inggris. Mata kuliah ini bersifat wajib tempuh bagi seluruh mahasiswa di lima program studi. Yang menjadi kajian lebih lanjut apakah  teks bahasa Inggris yang diberikan dalam mata kuliah itu sesuai dengan tingkat pehaman mahasiswanya, karena teks yang baik adalah teks yang sesuai dengan tingkat linguistik pembacanya.Dengan mengacu pada konteks penelitian diatas maka peneliti mengajukan fokus penelitian “bagaimana tingkat keterbacaan reading materials dalam mata kuliah telaah teks bahasa Inggris di STAIN pamekasan”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan tingkat keterbacaan reading materials mata kuliah telaah teks bahasa Inggris di STAIN Pamekasan.
PENGEMBANGAN PERAN DOSEN PENASIHAT AKADEMIK DALAM MENDUKUNG PRESTASI BELAJAR DAN AKHLAQUL KARIMAH MAHASISWA (Studi Kasus di STAIN Pamekasan) Wadhan, Wadhan
NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Keagamaan Islam Vol 12, No 1 (2015)
Publisher : STAIN PAMEKASAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (730.584 KB) | DOI: 10.19105/nuansa.v12i1.698

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji peran dosen penasihat akademik terhadap prestasi belajar dan  akhlaqul karimah mahasiswa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan Deskriptif Kuantitatif, dimana variabel independennya berupa dosen penasihat akademik dan variabel dependen (Variabel Output, kriteria, konsekuen, terikat) adalah Prestasi belajar dan akhlaqul karimah mahasiswa. Hasil Penelitian ini menunjukkan pertama, berdasarkan pengujian dengan menggunakan Program SPSS menghasilkan r hitung sebesar 0.585** dengan N = 48 dan signifikansinya ,000. Dan di dapat  r tabelnya sebesar 0,284 dengan tingkat signifikansinya sebesar 0,05. Dan ternyata r hitung lebih besar dari r tabel maka akan menolak Ho atau signifikan, artinya ada hubungan yang signifikan antara peran dosen penasihat akademik (Variabel X) dengan variabel kontribusi dosen penasihat akademik dalam mendukung prestasi belajar mahasiswa (Y1) dan untuk pengujian hipotesis yang kedua, menghasilkan rhitung  sebesar 0.536** dengan   N = 48 dan signifikansinya ,000. Dan di dapat  r tabelnya sebesar 0,284 dengan tingkat signifikansinya sebesar 0,05. Dan ternyata r hitung lebih besar dari r tabel maka akan menolak Ho atau signifikan, artinya ada hubungan yang signifikan antara peran dosen penasihat akademik (Variabel X) dengan variabel kontribusi dosen penasihat akademik dalam mendukung akhlaqul karimah mahasiswa (Y2)
Pergeseran Penggunaan Bahasa Madura di Kalangan Anak- anak Sekolah Dasar Negeri di Desa Pangarangan Kecamatan Kota Sumenep Raihany, Afifah
NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Keagamaan Islam Vol 12, No 1 (2015)
Publisher : STAIN PAMEKASAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (918.992 KB) | DOI: 10.19105/nuansa.v12i1.697

Abstract

Fenomena pergeseran penggunaan Bahasa Madura di Kota Sumenep khususnya Kecamatan Kota Sumenep semakin mengkhawatirkan. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan pergeseran penggunaan Bahasa Madura yang menitikberatkan pada perubahan fungsi dan peran bahasa Madura dan faktor penyebab pergeseran penggunaan Bahasa Madura dalam interaksi sehari-hari di kalangan anak-anak Sekolah Dasar Negeri di Desa Pangarangan Kecamatan Kota Sumenep khususnya. Penelitian ini sifatnya survai deskriptif dengan menggunakan kuesioner dan wawancara langsung. Untuk mengukur indikator tingkat pergeseran di kalangan anak-anak Sekolah Dasar, analisis data difokuskan pada empat situasi utama yang merupakan ranah pemakaian bahasa daerah di lingkungan dalam dan di luar sekolah, yaitu: (1) situasi interaksional ranah sosial di luar kelas, (2) situasi interaksional ranah sosial di dalam kelas, (3) situasi interaksional ranah sosial di lingkungan dalam sekolah, dan (4) situasi interaksional ranah sosial di lingkungan luar sekolah. Sampel ini terdiri atas 221 responden yang mewakili empat SD Negeri di Desa Pangarangan Kecamatan Kota Sumenep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah terjadi pergeseran sedang pada penggunaan Bahasa Madura di empat situasi utama ranah pemakaian Bahasa Madura di kalangan anak-anak SD Negeri di Desa Pangarangan Kecamatan Kota Sumenep sebesar 0,47; 0,45; 0,5; dan 0,53. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa anak- anak SD Negeri di Desa Pangarangan Kecamatan Kota Sumenep lebih menyukai menggunakan dua bahasa secara seimbang antara Bahasa Madura dan Indonesia. Dikarenakan mereka merasa cocok menggunakan bahasa itu yaitu memilih sama banyaknya menggunakan Bahasa Indonesia dan Madura. Dari hasil tersebut memberikan informasi bahwa kedudukan dan fungsi Bahasa Madura mengalami pergeseran. Bahasa Madura tidak lagi berfungsi sebagai sarana komunikasi utama anak- anak SD Negeri di desa Pangarangan Kecamatan Kota Sumenep. Bahasa Madura sesuai dengan fungsinya sebagai bahasa juga tidak lagi berfungsi sebagai sarana pengungkap perasaan, pikiran ataupun gagasan para pemakainya. Oleh karena itu, sudah perlu ada usaha untuk menekan laju pergeseran tersebut agar Bahasa Madura tetap lestari.
PROGRAM DINI PENEGAKAN DISIPLIN KERJA PEGAWAI Nashar, Nashar
NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Keagamaan Islam Vol 12, No 1 (2015)
Publisher : STAIN PAMEKASAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (461.818 KB) | DOI: 10.19105/nuansa.v12i1.696

Abstract

Dari asumsi bahwa kinerja pegawai dipengaruhi oleh kesejahteraan, sanksi dan teladan pimpinan. Dengan demikian program tersebut dipengaruhi oleh ketiga faktor tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh kesejahteraan, sanksi, dan teladan pimpinan secara bersama-sama terhadap kedisiplinan kerja pegawai STAIN Pamekasan dan untuk mengetahui faktor yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap kedisiplinan kerja pegawai STAIN Pamekasan.Dalam penelitian ini digunakan metode interview, kuesioner serta metode observasi dari populasi 47 orang pegawai yang berada di STAIN Pamekasan, sedangkan yang dianalisis 39 responden, variabel yang di analisis adalah dua deminsi yaitu variabel bebas kesejahteraan, sanksi dan teladan pimpinan dan variabel bebasnya adalah kedisiplinan kerja pegawai STAIN Pamekasan.Analisis yang digunakan untuk menjawab permasalahan penelitian ini, selain menggunakan tabel distribusi frekuensi untuk mengidentifikasi faktor kesejahteraan, sanksi dan teladan pimpinan juga menggunakan analisa korelasi dan regresi linier berganda untuk melihat hubungan dan pengaruh ketiga faktor tersebut terhadap kedisiplinan kerja pegawai STAIN Pamekasan.Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut : secara parsial atau secara individu faktor kesejahteraan (X1) nilainya 8,394, sanksi nilainya (X2) sebesar 5,522, teladan pimpinan (X3) sebesar 9,699, jadi yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap kedisiplinan kerja adalah (X3) terhadap teladan pimpinan, ketiga faktor tersebut secara simultan atau keseluruhan variabel bebas terhadap variabel terikat amat signifikan sekali karena nilai r hitung > F tabel dengan nilai 80,423 > 2.91, sedangkan dalam uji determinasi R-squared yaitu 0.899637 jadi pengaruh ketiga variabel bebas tersebut sebesar 89.9637% sedangkan 10.0363% dipengaruhi faktor lain yang tidak dimasukan dalam analisa penelitian ini.Pengaruh dari masing-masing faktor kesejahteraan, sanksi, dan teladan pimpinan terhadap kedisiplinan kerja pegawai STAIN Pamekasan dapat dikatakan sangat baik dan untuk itu perlu dipertahankan bahkan lebih ditingkatkan lagi, karena pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas kerja pegawai.
TRADISI OTO’-OTO’; INTEGRASI SOSIAL MASYARAKAT URBAN MADURA DI SURABAYA Mujib, Fatekhul; Ariwidodo, Eko; Mushollin, Mushollin
NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Keagamaan Islam Vol 12, No 1 (2015)
Publisher : STAIN PAMEKASAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (203.76 KB) | DOI: 10.19105/nuansa.v12i1.695

Abstract

Tradisi oto’-oto’ merupakan tradisi khas etnis Madura yang berjalan secara turun menurun, semakin lama semakin banyak pengikutnya dan semakin luas jangkauan wilayahnya hingga di kota Surabaya. Tradisi ini dilaksanakan oleh masyarakat yang berhimpun dalam kelompok organisasi informal. Prinsip dasar oto’-oto’ adalah setiap anggota menyerahkan sejumlah uang kepada yang lungguh (penyelenggara). Jumlah uang yang diserahkan tidak ditentukan besarannya dan uang yang telah diserahkan adalah “simpanan” dan baru bisa dinikmati ketika kelak dia lungguh.  Penelitian difokuskan pada tiga hal, yaitu; Bagaimana pemahaman masyarakat urban Madura terhadap tradisi oto’-oto’; Bagaimana Sistem penyelenggaraannya di tengah-tengah masyarakat urban kota Surabaya yang sangat kompleks; dan bagaimana integrasi sosial masyarakat urban asal Madura melalui tradisi oto’-oto’ tersebut. Melalui tradisi ini masyarakat etnis Madura di Surabaya dapat mengekspresikan eksistensi dirinya dalam masyarakat majemuk. Mereka dapat membangun solidaritas sosial, mengembangkan kerjasama bisnis, serta mampu menjalin integrasi sosial antar etnis Madura maupun dengan etnis lainnya yang ada di kota Surabaya.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS DENGAN STRATEGI MANDATORY PARTICIPATION MELALUI VARIASI PUBLIC SPEAKING PERFORMANCES PADA MAHASISWA SEMESTER III DI STAIN PAMEKASAN Virdyna, Nina Khayatul
NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Keagamaan Islam Vol 12, No 1 (2015)
Publisher : STAIN PAMEKASAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19105/nuansa.v12i1.701

Abstract

English role as foreign language in Indonesia is extremely significant. Students’ participation in learning process is very important to create active, creative and enjoyable learning process. Researcher endeavours to increase students’ participation in speaking class by Mandatory Participation Strategy through public speaking performance variation. This strategy can force students to be fully participating in the speaking class. Furthermore, research focus of this research is; “How Mandatory Participation Strategy through public speaking performance variation increase speaking English ability of students at Semester III in STAIN Pamekasan? This research is designed classroom action research namely Practical Action Research. Researcher endeavours to increase students’ participation in speaking class by mandatory participation strategy through public speaking performance variation.This research conducted in two cycles, those are cycle I and cycles II. Every cycle consists of 4 meeting. In every meeting, it will be conducted mandatory participation strategy through public speaking performance variation. There is significant increasing from speaking pre test score which is conducted in initial research with after applying mandatory participation in public speaking performance in cycle I. 60% students in cycle I fulfil passing grade standard.In the result of cycle II, there is significant increasing from the score of cycle I after applying mandatory participation in public speaking performance revision version. 77% students in cycle II fulfil passing grade standard. The strategy in cycle II is more successful in increasing students’ speaking skill. Students are more actively speak if they think they express freely. In conclusion, there is 10% upgrading till 17% in cycle II. 
PENINGKATAN MUTU PENULISAN SKRIPSI STAIN PAMEKASAN (Studi Tema dan Metode Penulisan Skripsi Program Studi PAI STAIN Pamekasan 2013-2014) Khalik, Fathol
NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Keagamaan Islam Vol 12, No 1 (2015)
Publisher : STAIN PAMEKASAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (427.477 KB) | DOI: 10.19105/nuansa.v12i1.702

Abstract

Secara khusus riset ini akan mengungkap kecenderungan pemilihan tema-tema dan metode serta tempat riset yang dipilih mahasiswa ketika menulis skripsi serta kebijakan pengajuan judul skripsi di Program Studi (PS) Pendidikan Agama Islam (PAI) STAIN Pamekasan. Penelitian ini merupakan jenis library research, dimana data tentang skripsi yang telah dikumpulkan, diklasifikasikan, diberikan kode yang meliputi tema, metode dan tempat riset skripsi. Selanjutnya dianalisis dengan SPSS 18 untuk melihat kecenderungan tempat, tema dan metode dalam penulisan skripsi serta kebijakan pengajuan skripsi mahasiswa PAI STAIN Pamekasan. Hasil riset menunjukkan kecederungan tema materi pelajaran dipilih 36 mahasiswa (12.2%), pendidik dipilih 35 orang (11.9%), proses pembelajaran sebanyak 29 mahasiswa (9.9%), peserta didik 27 orang (9.2%). Metode yang digunakan metode kualitatif (89%), sedangkan sisanya (11%) menggunakan metode kuantitatif. Tempat penelitian meliputi sekolah dipilih 201 mahasiswa (68%), madrasah 40 mahasiswa (13.6%), serta memilih penelitian skripsi di pesantren 39 mahasiswa (13.3%). Alternatif kebijakan pengajuan judul skripsi dengan berhadapan langsung dengan Ketua Program Studi (PS) PAI STAIN Pamekasan yang diatur sesuai dengan pengaturan di Jurusan Tarbiyah, serta pengajuan melalui on-line yang diajukan dengan cara melalui internet dengan memasukkan judul melalui email Progran Studi (PS) PAI STAIN Pamekasan.
Proses dan Hasil Penerjemahan Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Translation Theory and Practice Di STAIN Pamekasan) Habibullah, Mosleh
NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Keagamaan Islam Vol 12, No 1 (2015)
Publisher : STAIN PAMEKASAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (486.908 KB) | DOI: 10.19105/nuansa.v12i1.703

Abstract

Research focus consists of: What method students use in process translating text from native language (BSu) to target language (BSa) and what process of mistake occasionally occurs in translating observed from the result of text translation BSu to BSa. This research employs qualitative approach by descriptive analysis paradigm. This data collecting procedure includes documentation, interview, and observation. Data validity by: data analysis through systematic arrangement and trace, interview transcript, field note, conclusion and verification, triangulation method. The result of research found: 1. Method which collage students use in translating process is placed in two categories, those are translation method pressed on BSu (NL): word by word translation, literal translation, faithful translation, and semantic translation, BSa (TL): press on: adaptation, free translation, idiomatic translation, and communicative translation. 2. Translation technique in this alternative step answers problem formulated on research problem, concerning translation procedure of religion text which is done by college students Translation Practice Semester VI from English to Indonesian, namely borrowing, loan translation (claque), literal translation, transposition, modulation, equivalence, and adaptation. 3 language mistake analyses in translation presented in this paper is study which analyze one paragraph from text 1 until text 4 above. Furthermore, comprehending about definition of translation error is language error. Language error can happen in every linguistic level because language produced by word, sentence and meaning, error which needs to analyze covered phonology, morphology, syntactic and semantic.Based on the result, it can be concluded that translating process done by college students is good wholly. Technique 1: using literal translation method. Technique 2: free translation method. Technique 3: adaptation method. Technique 4: unacceptable by the reader, from translation technique in the research is found from the text which college students translate, error in table 1, there are 3 errors, in table 2 there are six language errors, in table 3 there are six errors. In table 4 there are seven errors.However, researcher finds inadequacy which is caused by mastering vocabulary, phrase, idiom, and students’ inadequacy in using grammatical Principal from BSu (NL). Besides that, it is possible that time allocation is not enough, 100 minutes in 2 sks translation theory and 100 minutes in 2 sks translation practice

Page 1 of 1 | Total Record : 9